Senin, 18 April 2011

Awal Super Junior Debut

Awalnya Super Junior bernama SM Junior yang merepretasikan SM Entertaiment, tapi setelah melakukan performance disalah satu acara intern SM, Lee Sooman berpendapat bahwa mereka itu "Super" maka jadilah mereka Super Junior.
Super junior diawal debutnya beranggotakan 12 orang dengan nama Super Junior 05 yang beranggotakan leetuk, heecul, hankyung, yesung, kangin, shindong, sungmin, eunhyuk, donghae, siwon, ryeowook, dan kibum yang tak usah diragukan lagi kehebatannya. Debut pada tanggal 6 November 2005 dengan single "Twins (knock out)" Super Junior 05 menjadi salah satu group korean yang meramaikan belantika musik korea. Setelah merilis albumnya pada tanggal 6 Desembar 2005, Super Junior 05 melakukan kolaborasi dengan TVXQ dengan lagu "Show me your love" yang membuat super junior 05 makin terkenal dan menjadi salah satu pendatang baru yang menjanjikan.

 Pada tanggal 23 Mei 2006, SM entertaiment menambah 1 oranganggota lagi yang bernama kyuhyun dan merubah nama "Super Junior 05" menjadi "Super Junior". Pada saat itu Super Junior merilis single "U" yang mampu menggondol berbagai macam penghargaan.

Awal tahun 2007, Super Junior yang kerab disebut "suju" ini dibagi atas beberapa sub, seperti :
a. Suju KRY (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung)
Anggota: Kyuhyun, Ryeowook, Yesung
Spesialisasi: Musik ballad
K.R.Y adalah akronim untuk tiga orang yang tergabung di dalamnya. Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung merupakan tiga lead-vocal dalam grup Super Junior. Super Junior K.R.Y belum mengeluarkan album maupun single resmi, namun sering tampil mengisi soundtrack film dan drama. Jenis musik yang dibawakan umumnya ballad bertema kisah romens, fokus dari sub-group ini memang lebih kepada kativitas vokal.

b. Suju T (Trot)
Debut: Februari 2007
Anggota: Leeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk.
Spesialisasi: Musik trot, musik dan tarian yang diberi unsur komedi.
T merujuk pada Trot. Musik tort adalah semacam musik tradisional Korea yang populer di jaman dahulu, Super Junior T mengemas nada trot dalam modern dan juga rap. Single mereka berjudul Rokuko sukses meledak dan dibuat versi bahasa Jepang dengan judul Rock&Go (kolaborasi dengan grup Jepang Moeyan).


c. Suju H (Happy)
Debut: Juni 2008
Anggota: Leeteuk (leader), Kangin, Sungmin, Yesung, Shindong dan Eunhyuk
Spesialisasi; Musik dengan genre bubblegum-pop
Super Junior Happy adalah sub-group terbaru yang anggotanya hampir sama dengan Super Junior T (hanya Heechul digantikan Yesung). Mereka mengambil arah musik ceria dan ringan dengan single Cooking? Cooking! Serta Pajama Party. Anggota dari Super Junior Happy umum aktif dalam berbagai reality-show dengan membawa imej fun dan happy—seperti nama sub-group mereka.

d. Suju M (Mandarin)
Debut: April 2008
Anggota: Hangeng (leader), Siwon, Kyuhyun, Ryeowook, Donghae, Zhoumi dan Henry
Spesialisasi: Lagu berbahasa China
M adalah untuk Mandarin, menjelaskan bahwa sub-group ini dibuat untuk pasar China. Super Junior M merupakan sub-group dari Super Junior yang paling terkenal dan memiliki aktivitas individu yang serupa dengan Super Junior. Memiliki leader yaitu Hangeng, Super Junior M telah mengeluarkan satu album berjudul Me dan singel berjudul Super Girl pada 2009 lalu. Lagu-lagu mereka dibuat dalam bahasa China dan beberapa dibuat versi bahasa Korea. Dalam fanfiksi, canon kehidupan Super Junior M adalah yang termasuk sering diangkat.

Album kedua Suju sempat tertunda karena para membernya mengalami kecelakaan. Heechul yang mengalami patah tulang kaki karena kecelakaan mobil pada 1 Agustus 2006, menyusul kemudian kecelakaan yang melibatkan leeteuk, shindong, eunhyuk dan kyuhyun yang sampai membuat kyuhyun koma dan mengakibatkan kyuhyun tidak dapat mengikuti pembuatan film "Attack On the Pin Up Boys" bersama member lainnya.
21 September 2007, akhirnya Suju merilis "Don't Don" yang mampu terjual 11.000 kopi dalam waktu 3 hari. Album ini juga menjadi terlaris ke-2 selama tahun 2007 dan menggondol banyak penghargaan seperti Mutizen, MKMF, MTV Asia Awards, dll.
Mengakhiri masa promosi album kedua, Suju menggebrak pasar Asia dengan tour konser yang bertajuk "Super Show".
Album ke-3 Suju yang berjudul "Sorry-Sorry" dirilis pada tanggal 12 Maret 2009 dan diorder sebanyak 150.000 keping hanya dalam seminggu dan lebih dari 29.000 kopi hanya dalam sehari dan menempati chart Hanteo peringkat pertama. Album ketiga ini suksek diberbagai negara dan banyak juga mendapatkan penghargaan.
Kemudian Suju merilis album repackage dan merilis MV "Neorago", Suju mengakhiri promosi album ke-3 mereka dan mulai berkonsentrasi dengan "Super Show 2". Konser kali ini pun sukses dari tur sebelumnya, namun sayang ditengah-tengah gelaran tur tersebut pada bulan-bulan akhir 2009 Suju digoncang masalah yang lumayan pelik yaitu salah satu membernya "Kangin" terlibat dalam kasus perkelahian dan tabrak lari yang mengharuskan Kangin untuk berhenti beraktivitas sementara.
Tak terlalu lama "Hangkyung" berniat mengakhiri kontrak dengan SM Entertaiment dikarenakan slave contract dan alasan kesehatan .
Tahun 2010 Suju melakukan comeback dengan album "Bonamana" dengan lagu andalan "Mina" yang berkonsep manly. Sayang kibum belum sempat hadir dalam aktivitas album ini. Setelah itu melanjutkan promo lago "No Other" dan melanjutkan "Super Show 3" yang dimulai dari Korea dan masih berlangsung hingga sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar